KAIN NEGERI: Kolaborasi Spesial JF3 dengan IPMI Meriahkan JF3 Runway Hari ke-5


Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) kembali berpartisipasi dalam penyelenggaraan JF3 2023 membawakan koleksi 5 desainer ternama Indonesia bertajuk ‘Kain Negeri’ di Summarecon Mall Kelapa Gading. Kolaborasi spesial ini mempresentasikan total 45 looks keindahan wastra Indonesia yang diolah menjadi balutan karya istimewa oleh Eridani, Ivan Gunawan, Monica Ivena, Rama Dauhan dan Wilsen Willim.


Mengusung konsep ‘Restoe Boemi’, Ivan Gunawan mempresentasikan sebuah rancangan busana ready to wear premium yang kekinian berbahan dasar Kain Jarik Cinde. Koleksi ini dipercantik dengan aksesoris etnik dan modern dari Komang Tri Jewelry. Di sisi lain, Monica Ivena membawakan koleksi dengan konsep ‘Wanita’ yang terinspirasi dari perempuan tangguh dan kepatuhan pada agama yang dianutnya. Menampilkan 8 set busana bernuansa wastra Indonesia, Monica menggunakan tenun Jepara dengan perpaduan warna merah dan ungu, sebagai simbol keberanian, mandiri, ambisi, sekaligus memaparkan kemapanan, kemewahan, aristokrasi dari sifat perempuan yang bijaksana, tangguh, namun tetap lemah lembut.


Bekerja sama dengan Rumah Tenun Palembang, Rama Dauhan mempresentasikan koleksi dengan konsep ‘Kembang Nusa’ menggunakan wastra jumputan dan tenun Palembang dipadukan dengan teknik bordir dan embellishment. Disamping itu, Eridani mengusung konsep ‘Khatulissika’ yang menampilkan keindahan wastra nusantara dari Kain Sikka. Bekerja sama dengan perajin tenun sutra Garut, Karyana Silk House dan Ecotouch, sebuah perusahaan daur ulang sampah tekstil. Wilsen Willim mempresentasikan koleksi dengan konsep ‘Pesan yang mengolah kain tenun sutra Garut ke dalam 8 tampilan busana dengan menggunakan benang daur karya Ecotouch yang ditenun ke dalam jalinan lungsi sutra sehingga membentuk motif kontemporer khas Garut yang ramah lingkungan.