Cita Tenun Indonesia Kembali Hadir di JF3 Runway 2023 Mempresentasikan Keindahan Koleksi ‘JALINAN LUNGSI PAKAN’


Tahun ini Jalinan Lungsi Pakan by Cita Tenun Indonesia (CTI) berkolaborasi bersama sederet desainer berbakat, mulai dari Amotsyamsurimuda, Didi Budiardjo, Priyo Oktaviano, Ria Miranda, hingga Yogie Pratama mempresentasikan total 42 looks pada koleksi memukau bertemakan “JALINAN LUNGSI PAKAN” pada ajang JF3 Fashion Festival 2023 di Summarecon Mall Kelapa Gading.


Koleksi kain tenun yang akan dipresentasikan dibuat khusus menggunakan alat tenun melalui sentuhan tangan para perajin melalui program pemberdayaan pengrajin tenun yang dijalankan oleh CTI. AMOTSYAMSURIMUDA dalam judul "Hidden Gems" mempresentasikan koleksi Tenun Jawa Tengah yaitu Tenun Ikat Jepara yang menggabungkan Tenun corak geometris dengan bahan denim serta motif garis dan kotak. Senior mode Indonesia, Didi Budiardjo mempresentasikan koleksi dengan konsep “Ewako’ berupa Tenun Wajo Motif Lagossi, Balo Matettong, Balo Pucuk, Balo Lo'bang dan Lontaraq sebagai hasil kolaborasi dengan desainer tekstil Koesoemaningsih.


Priyo Oktaviano mempresentasikan Tenun songket  Lombok dengan konsep ‘Sasak’ yang menampilkan detail kristal dan mutiara perak sebagai simbol permata kejayaan dari orang Lombok yang memiliki hati lurus. Memetik inspirasi dari proses asimilasi dan akulturasi budaya Tenun, Ria Miranda mempresentasikan "Lora" dari Bahasa Inggris yang berarti kumpulan tradisi dan pengetahuan tentang suatu subjek secara lisan. Didominasi oleh rona gelap dengan aksen geometris, koleksi ini menampilkan signature modern dan edgy. Di sisi lain, Yogie Pratama mempresentasikan koleksi ‘Salok’ yang berarti rindu,  menampilkan rancangan glamour dari keindahan Tenun Sambas yaitu Tenun Cual dan Tenun Lunggi.